Tuesday, October 4, 2016

Animation

2D Animation

Secara simpel animasi adalah sekumpulan objek  hasil dari pengolahan sehingga menjadi  gambar yang bergerak karena adanya alur cerita, animasi terdiri dari frame atau animasi bisa di simpulkan merupakan suatu teknik dalam pembuatan karya audio  visual yang berdasarkan terhadap pengaturan waktu dalam gambar. Gambar yang telah dirangkai dari beberapa potongan gambar yang bergerak sehingga terlihat nyata, Animasi telah berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi yang ada sehingga muncul jenis animasi. Teknik yang digunakan untuk membuat animasi makin beragam, jenis animasi yang sering diproduksi antara lain:


3D Animation

a. Animasi 2D, jenis animasi yang lebih dikenal dengan film kartun pembuatannya menggunakan teknik animasi hand draw atau animasi sel, penggambaran langsung pada film atau secara digital.
b.  Animasi 3D, merupakan pengembangan dari animasi 2D yang muncul akibat teknologi yang sangat pesat. Dan terlihat lebih nyata dari pada 2D.
c.  Animasi stop motion, merupakan jenis animasi yang merupakan potongan potongan gambar yang disusun sehingga bergerak.

Prinsip-prinsip animasi ada 12 teknis dalam pembuatan animasi yang harus dimiliki oleh seorang animator, tetapi animator juga harus memiliki feeling yang kuat mengenai timing, pergerakan, pengamatan dan tingkah laku. Animator harus menjadi seorang aktor, punya perasaan, dan logika agar dapat membuat sesuatu menjadi hidup dan alami.

1.Timing 
Timing yaitu dapat diartikan sebagai acting serta timing pergerakan satu karakter dalam satu scene. Sehingga gerakan animasi dapat terlihat sangat kaku atau bahkan sangat lamban.


2. Arc 
 Arc yaitu gerakan yang membentuk garis lengkung yang alami dalam dunia. Tiap benda mempunyai gaya atau kekuatan, kecuali benda yang sifatnya mekanis atau tidak alami.





 3. Squash and Stretch 
Squash and Stretch yaitu dapat diimplementasikan dalam beberapa proses perubahan bentuk pada kulit dan otot, lompatan, morphing, pengaruh berat, simulasi objek-objek dynamic.


4. Anticipation
Anticipation yaitu gerakan animasi selalu memiliki tahap persiapan ketika melakukan sebuah aksi atau gerakan. Gerakan yang menujukkan gerakan awal atau persiapan yang  dilakukan.



 5. Esay In and Esay Out 
Esay In and Esay Out yaitu prinsip yang berhubungan dengan akselerasi ketika objek mengalami percepatan dan perlambatan ketika mengalami pergerakan.
6. Secondary Action 
Secondary Action yaitu membuat animasi terlihat lebih alami dan menarik. Merupakan gerakan pendukung  dari gerakan utama yang mengalami pergerakan.
7. Follow Through and Overlapping 
Follow Through and Overlapping  yaitu reaksi yang terjadi atau gerakan overlap sebuah karakter animasi setelah melakukan animasi utama atau gerakan utama.
8. Staging
Staging yaitu membuat sebuah gerakan sehingga mudah dimengerti. Menggambarkan mood, aksi dan posisi suatu karakter animasi.
9. Straight Ahead Action and Pose to Pose Action 
Straight Ahead Action and Pose to Pose Action yaitu standar teknik animasi dengan merencanakan struktur gerakan-gerakan yang terjadi melalui pose pose kunci (key pose). Straight ahead action adalah teknik animasi dengan menggerakan karakter untuk per framenya hingga selesai.



 10. Personality/Appeal 
Personality/Appeal yaitu karakter yang memiliki personality atau kepribadian akan mampu menghubungkan emosi antar karakter tersebut dengan penonton. Kompleksitas dan konsistensi gerakan adalah dua elemen daya tarik karakter yang dapat dengan mudah dikembangkan di dalam komputer animasi 3D hingga mampu mendefinisikan karakteristik utama dari kepribadian sebuah karakter.
11. Exaggeration 
Exaggeration yaitu gerakaan pengembangan dari gerankan normal. Namun, gerakan itu sebaikanya tetap berpadunan pada gerakan natural yang dilebih-lebihkan. Gerakan dibuat akan menimbulkan kesan yang mendukung cerita animasi.
12. Soild Drawing 

Soild Drawing yaitu rasa tentang cara padang tiga dimensi terhadap penokohan seorang karakter goresan garis, shading serta warna.



sumber:

No comments:

Post a Comment